1. Barang tetap adalah abrang yang bersifat tetap dan tahan lama, misalnya gedung, mesin, dan tanah. Sedangkan barang bergerak adalah barang yang bersifat  tidak tetap dan masa pakainya pendek, misalnya buah, sayur, beras, dan bahan bakar

2. Kelangkaan (scarcify) adalah suatu kondisi atau keadaan dimana manusia mempunyai sumber daya ekonomi yang terbatas untuk memenuhi kebutuhannya yang tidak terbatas. Beberapa faktor penyebab kelangkaan antara lain terjadinya eksploitasi sumber daya alam, bencana alam, keterbatasan kemampuan manusiamengolah sumber daya ekonomi, dan terjadinya peningkatan kebutuhan manusia yang cepat tetapi tidak diimbangi dengan kemampuannya dalam menghasilkan barang/ jasa.

3. Pengertian pertumbuhan ekonomi yaitu terjadinya perkembangan kegiatan dalam perekonomian yang menyebabkan kapasitas barang dan jasa yang diproduksi dalam masyarakat meningkat. Dalam pertumbuhan ekonomi, tidak hanya kapasitas produksi yang naik, melainkan juga perbaikan kualitas hidup masyarakat.

4. Inflasi dapat terjadi karena hal-hal berikut :
a. Kenaikan harga-harga barang yang diimpor
b. Kekacauan politik dan ekonomi
c. Ketidakseimbangan pengeluaran agregat dibandingkan dengan kemampuan perusahaan dalam menyediakan barang
d. Tuntutan kenaikan upah oleh pekerja yang menyebabkan harga pokok barang bertambah.

5. Neraca perdagangan (balance of trade) adalah ikhtisar yang menunjukkan selisih antara nilai transaksi impor dan ekspor di suatu negara dalam waktu tertentu. Neraca perdagangan dikatakan bermasalah jika nilai moneterimpor lebih besar daripada nilai moneter ekspor (defisit perdagangan).

Leave a Reply