1. Macam leukosit
a. Monosit
Bersifat fagosit dan motil dengan inti bulat panjang.
b. Limfosit
Tidak motil, inti satu, berfungsi untuk kekebalan. Limfosit membentuk 25% dari seluruh jumlah sel darah putih.
c. Neutrofil
Bersifat fagosit, intinya bermacam-macam, dengan bentuk bermacam-macam pula antara lain batang, bengkok, dan bercabang-cabang.
d. Basofil
Bersifat fagosit dan cenderung berwarna biru. Warna biru ini disebabkan karena sel basofit menyerap pewarna basa.
e. Eosinofil
Bersifat fagosit dan cenderung berwarna merah. Sel eosinofil hanya sedikit dijumpai pada sel darah putih. Sel ini menyerap pewarna yang bersifat asam (eosin) dan kelihatan merah.

2. Antigen : Zat yang merangsang responimun,terutama dalam menghasilkanantibodi.Biasanya berupaproteinataupolisakarida,tetapi dapat juga berupa molekul lainnya, termasuk molekul kecil (hapten)yang bergabung denganprotein-pembawa.
Antibodi : merupakanglikoproteindengan struktur tertentu yang disekresi dari pencerap limfosit-Byang telah teraktivasi menjadisel plasma, sebagai respon dariantigentertentu dan reaktif terhadap antigen tersebut. Dapat ditemukan padadarahataukelenjartubuhvertebratalainnya, dan digunakan olehsistem kekebalan tubuhuntuk mengidentifikasikan dan menetralisasikanbenda asing sepertibakteridanvirus.

3. Berdasarkan ada tidaknya granula, leukosit dibedakan menjadi granulosit dan sgranulosit. Granulosit merupakan jenis leukosit yang dalam plasmanya mengandung granula, contohnya adalah : neutrofil, eosinofil, dan basofil.
Agranulosit merupakan jenis leukosit yang dalam plasmanya tidak mengandung granula, contohnya adalah : monosit dan limfosit

4. Primer :
ketika ada antigen pertama kali, antibodi baru ada dalam serum beberapahari/ beberapa minggu, waktunya berkisar antara 10-17 hari
Sekunder :
untuk kedua kalinya antigen, respon antibodi lebih cepat dan kadar meningkat. Hal inikarena ada sel memori B. Kekebalan Seluler Diperantarai Sel Limfosit T Fungsi sel limfosit T.Waktunya berkisar 2-3 hari.4.

5. Kegagalan suatuorganismeuntuk mengenali bagian dari dirinya sendiri sebagai bagian dari dirinya,yang membuatrespon kekebalanmelawanseldanjaringanmiliknya sendiri. Beberapa penyakit yang dihasilkan dari kelainan respon kekebalan ini dinamakanpenyakit autoimun.Contohnyameliputi penyakitCoeliac,diabetes melitus tipe 1,Systemic Lupus Erythematosus,dll

Leave a Reply