Pengertian Pengendalian Sosial Menurut Para Ahli

Agar lebih memahami apa arti pengendalian sosial, kita dapat merujuk pada pendapat para ahli, yaitu:

1. Astrid Susanto

Menurut Astrid Susanto, pengendalian sosial adalah kontrol yang sifatnya psikologis dan non fisik terhadap seorang individu agar ia dapat bersikap dan bertindak sesuai dengan penilaian kelompok tempat ia hidup.

2. Peter L. Berger

Menurut Peter L. Berger, pengertian pengendalian sosial adalah berbagai cara yang dilakukan masyarakat untuk menertibkan anggotanya yang menyimpang.

3. Horton dan Hunt

Menurut Horton dan Hunt, pengertian pengendalian sosial adalah segala cara dan proses yang ditempuh oleh orang tua atau kelompok masyarakat tertentu sehingga para anggota kelompoknya bertindak sesuai dengan harapan kelompok masyarakat tersebut.

4. Bruce J. Cohen

Menurut Bruce J.Cohen, arti pengendalian sosial adalah segala cara atau metode yang dipakai untuk mendorong seseorang di dalam suatu kelompok agar berperilaku sesuai dengan kehendak kelompok masyarakat tersebut.

5. Joseph S. Roucek

Menurut Joseph S. Roucek, pengendalian sosial adalah proses terencana yang didalamnya mengajarkan, membujuk, ataupun memaksa individu untuk menyesuaikan diri dengan kebiasaan dan kehendak hidup dalam kelompoknya.

Leave a Reply