Pengertian Kesempatan Kerja. Dengan Semakin meningkatnya pembangunan, maka semakin besar pula kesempatan kerja yang tersedia. Hal ini berarti semakin besar pula permintaan akan tenaga kerja. Sebaliknya semakin besar jumlah penduduk, maka semakin besar pula kebutuhan akan kesempatan kerja. kesempatan kerja merupakan salah satu masalah pokok yang dihadapi dalam melaksanakan pembangunan ekonomi. Berikut adalah penjelasan seputar pengertian kesempatan kerja dan Pentingnya kesempatan kerja.

Definisi Kesempatan Kerja

Pengertian Kesempatan kerja secara umum adalah sebagai suatu keadaan yang mencerminkan jumlah dari total angkatan kerja yang dapat diserap atau ikut serta aktif dalam kegiatan perekonomian.
Kesempatan kerja merupakan lapangan dan lowongan kerja yang tercipta untuk diisi melalui suatu kegiatan ekonomi (produksi). Dengan demikian kesempatan kerja adalah mencakup lapangan kerja yang sudah diisi dengan semua lowongan pekerjaan yang belum diisi.
Menurut Esmara (1986:134), kesempatan kerja adalah sebagai jumlah penduduk yang bekerja atau orang yang sudah memperoleh pekerjaan, semakin banyak orang yang bekerja semakin luas kesempatan kerja.
Kesempatan kerja ditunjukkan oleh jumlah orang-orang yang bekerja atau dengan kata lain dapat dikatakan bahwa kesempatan kerja adalah jumlah penduduk yang bekerja dalam asumsi bahwa situasi perekonomian yang mengalami surplus tenaga kerja, maka kesempatan kerja akan tercermin dalam jumlah prang yang terserap dalam proses kegiatan ekonomi.

Pentingnya kesempatan kerja

  1. Penciptaan lapangan kerja serta pembayaran upahnya mungkin merupakan satu-satunya mekanisme yang dapat membagi kembali pendapatan kepada mereka yang sebelumnya tanpa pekerjaan.
  2. Pengangguran (unemployment) adalah demoralizing, seseorang yang tanpa pekerjaan dapat hilang harga dirinya.
  3. Pada hakekatnya bekerja adalah baik, apapun dampaknya pada semangat (morale), harga diri atau perasaan lainnya.
  4. Akan muncul keresahan sosial-politik jika sejumlah besar penduduk tidak memperoleh pekerjaan.
  5. Setiap tahun akan muncul sejumlah besar pencari kerja baru.

Leave a Reply