Bagaimana cara yang tepat meringkas dan menelaah teks laporan percobaan dalam pembelajaran bahasa Indonesia kelas 9. Semoga apa yang admin bagikan ini dapat membantu anak didik dalam mengerjakan tugas sekolah tentang bagaimana cara meringkas dan menelaah materi teks laporan percobaan dalam pembelajaran bahasa Indonesia kelas 9 semester 1. Semoga apa yang admin bagikan ini dapat mengantarkan anak didik memeroleh nilai terbaik khusus materi teks laporan percobaan.
Tahukah kalian bahwa teks laporan percobaan dapat dibuat ringkasan sederhana. Mungkin ada yang bertanya apakah teks laporan percobaan bisa diringkas? maka jawabannya adalah bisa. Kalian bisa membuat ringkasan teks laporan percobaan dengan sangat sederhana sehingga isi teks lebih padat dan jelas. Sebuah ringkasan adalah informasi penting yang terdapat dalam sebuah teks, tanpa terkecuali teks laporan percobaan. Kegunaan meringkas teks laporan percobaan adalah mengusai isi teks yang sebenarnya/asli secara singkat dan tepat.
Adapun cara meringkas teks laporan percobaan adalah sebagai berikut.
  1. Membaca dengan saksama teks laporan percobaan secara keseluruhan dan penuh dengan ketelitian.
  2. Tidak memakai atau membuang paragraf berisi contoh deskripsi atau kutipan tidak bermanfaat
  3. Tidak memakai atau membuang berbagai keterangan tambahan tidak penting atau bertele-tele dalam sebuah kalimat.
  4. Menulis atau mencatat gagasan utama atau ide pokok teks laporan percobaan tersebut
  5. Menyusun gagasan utama teks menjadi kalimat. Biar kalimatnya berbeda atau murni hasil ringkasanmu maka gunakanlah kalimatmu sendiri
  6. Menyusun kalimat-kalimat tersebut menjadi sebuah ringkasan dengan mempertahankan susunan gagasan asli.
Menelaah merupakan kegiatan mengamati dan mengkaji kesalahan-kesalahan isi, struktur, dan tata bahasa teks. Adapun langkah-langkah menelaah teks laporan percobaan agar menjadi teks yang menarik dan baik adalah sebagai berikut.
  1. Memberi tanda pada setiap kata, kalimat, atau makna kata dan kalimat salah
  2. Melakukan perbaikan setiap kata, kalimat, atau makna kata dan kalimat sesuai unsur kebahasaan
  3. Menulis kembali teks tersebut sehingga menjadi teks laporan percobaan yang baik dan benar
Demikianlah yang dapat admin bagikan tentang cara meringkas dan menelaah teks laporan percobaan dalam pembelajaran bahasa Indonesia kelas 9 semester 1. Semoga apa yang admin bagikan ini dapat bermanfaat buat kemajuan belajar anak didik dalam memahami lebih jelas tentang teks laporan percobaan. Selamat belajar dan sukses selalu buat kalian semua.

Contoh 1 Teks Laporan Hasil Observasi Lingkungan Sosial

SMP Padamulya Bandung yang tepat berlokasi di Jalan Macan No. 25 Bandung ini merupakan salah satu sekolah yang mempunyai kondisi lingkungan sehat serta bersih. Hal tersebut karena sekolah ini mempunyai 2 jenis lingkungan yaitu lingkungan hidup atau benda hidup yang disebut juga biotik dan lingkungan mati atau benda mati yang sering disebut dengan abiotik.

Lingkungan hidup di sekolah tersebut meliputi tanaman-tanaman hias serta pohon-pohon besar yang terawat dengan baik dan apik. Pohon-pohon tersebut berhasil menaungi lingkungan sekolah sehingga sekolah tersebut menjadi teduh dan sejuk. Sedangkan untuk lingkungan mati atau benda mati sendiri terdiri dari gedung sekolah, peralatan sekolah, serta properti sekolah.

Lingkungan hidup disini pun dimulai dari halaman depan sekolah. Disana terdapat berbagai macam tanaman hias yang sangat indah untuk dipandang. Tanaman hias tersebut disimpan di beberapa tempat yang tersebar di lingkungan sekolah. Misalnya didepan ruang guru, didepan kelas, serta di ruang kepala sekolah.

Jenis tanaman yang ada di SMP Padamulya Bandung ini sangat beragam diantaranya adalah tanaman boungenville, bunga mawar, bunga lili, bunga asoka, bunga anggrek, bunga kembang sepatu, bunga amarilis, serta bunga kemuning semua bunga tersebut dirawat dengan baik sehingga tertata dengan cantik. Baik di halaman sekolah maupun didalam ruangan.

Sedangkan untuk jenis pohon besar yang ada di SMP Padamulya Bandung sendiri terdiri dari pohon bambu jepang yang mempunyai ukuran kecil, pohon mangga, pohon beringin karet, pohon bambu kuning, pohon beringin, pohon cemara, pohon jeruk, serta masih banyak pohon yang lainnya. Yang uniknya lagi, di halaman belakang pekarangan kelas sendiri terdapat beberapa tanaman yakni singkong dan jagung.

Hasil dari kebun tersebut biasanya digunakan untuk keperluan penelitian biologi serta dikonsumsi bersama oleh para siswa dan guru. Untuk lingkungan benda matinya sendiri terdapat gedung sekolah yang terdiri dari ruang kepala sekolah, ruang guru, ruang kelas siswa, ruang tata usaha,  perpustakaan, UKS, aula, koperasi, kantin, kamar mandi serta gudang.

Sedangkan untuk peralatan yang terdapat di sekolah tersebut antara lain meja dan kursi baik bagi para siswa maupun para guru, lemari buku, papan tulis, layar LCD proyektor, globe, alat-alat peraga untuk keperluan pelajaran biologi, serta peralatan lainnya yang mendukung pembelajaran. Selain itu, terdapat juga peralatan olahraga seperti bola sepak, bola basket dan ringnya, bola voli dan jaringnya, bola tenis, jaring bulu tangkis, dan masih banyak lagi peralatan olahraga yang lainnya.

Dibagian lapangnya sendiri terdapat lapangan olahraga yang dapat digunakan untuk bermain voli, basket, sepak bola, lapangan upacara, serta lapangan khusus untuk tempat parkir kendaraan para siswa dan guru. Demikianlah hasil observasi dari lingkungan SMP Padamulya Bandung yang terdiri dari lingkungan benda hidup dan lingkungan benda mati.

Agar kedua jenis lingkungan tersebut dapat digunakan dengan baik, maka diperlukan kesadaran dari seluruh warga sekolah SMP Padamulya Bandung sendiri untuk memelihara dan merawat lingkungannya agar tetap bersih, rapih, serta asri.

 

Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Tentang Pemanasan Global

Pemanasan global secara istilah sering disebut dengan global warming yakni sebuah proses meningkatnya suhu bumi setiap tahunnya yang diakibatkan meningkatnya gas buang karbon yang salah satunya berasal dari aktivitas industri. Terjadinya pemanasan global akibat adanya efek gas rumah kaca yang berupa gas karbon dioksida (CO2), karbon monoksida (CO), serta gas metan.

Gas-gas tersebut yang menimbulkan greenhouse effect atau dalam bahasa Indonesianya efek gas rumah kaca pada atmosfer bumi sehingga sinar uv tertahan dari dalam atmosfer. Hal tersebut akan menyebabkan kenaikan suhu rata-rata di bumi. sehingga jika hal ini terjadi dalam jangka panjang, akan mengakibatkan meningkat naiknya air permukaan laut akibat dari es kutub utara dan selatan yang mencair.

Selain itu pemanasan global pun juga diakibatkan oleh penguraiannya ozon (O3) menjadi oksigen (O2) serta unsur O. Jadi ozon tidak bisa menangkal dari sinar UV sehingga secara langsung akan menembus ke permukaan bumi. sedangkan penyebab utamanya sendiri dari efek rumah kaca ini adalah oleh perilaku manusia itu sendiri salah satunya adalah penebangan pohon dan pemakaian listrik secara berlebihan.

Leave a Reply