Aplikasi Analisis Butir Soal Bentuk Pilihan Ganda dan Uraian. Analisis butir soal (item analysis) merupakan suatu kegiatan dalam menentukan tingkat kebaikan butir-butir soal suatu tes, sehingga informasi yang diperoleh dari kegiatan tersebut dapat digunakan untuk memperbaiki butir soal yang sudah dibuat.

Analisis butir soal dapat dilakukan apabila suatu tes telah selesai dilaksanakan dan diperoleh jawaban terhadap butir-butir soal yang diteskan.

Identifikasi terhadap setiap butir item soal perlu dilakukan untuk penyempurnaan kembali terhadap butir-butir soal yang dibuat guru, sehingga akan tersusun soal yang berfungsi sebagai alat pengukur hasil belajar dengan kualitas tinggi.

Soal yang bermutu adalah soal yang dapat memberikan informasi sejelas-jelasnya tentang peserta didik yang sudah dan yang  belum menguasai materi pembelajaran.

Analisis butir soal dapat dilakukan secara kualitatif dan kuantitatif. Analisis secara kualitatif berkaitan dengan isi dan bentuk soal (validitas isi dan validitas konstruk).

Sedangkan analisis kuantitatif berhubungan dengan ciri-ciri statistiknya (pengukuran validitas, reliabilitas, daya beda, dan tingkat kesukaran butir soal).

 

Teknik Analisis Butir Soal

Analisis soal dilakukan untuk mengetahui berfungsi atau tidaknya sebuah soal. Analisis pada umumnya dilakukan melalui dua cara, yaitu analisis kualitatif (qualitatif control) dan analisis kuantitatif (quantitatif control).

Analisis Butir Soal Secara Kualitatif

Pada prinsipnya analisis butir soal secara kualitatif dilaksanakan berdasarkan kaidah penulisan soal (tes tertulis, perbuatan, dan sikap). Penelaahan ini biasanya dilakukan sebelum soal digunakan atau diujikan. Aspek yang diperhatikan dalam penelaahan secara kualitatif mencakup aspek materi, konstruksi, bahasa atau budaya, dan kunci jawaban.

Ada beberapa teknik yang digunakan untuk menganalisis butir soal secara kualitatif, yaitu teknik moderator dan teknik panel. Teknik moderator merupakan teknik berdiskusi yang didalamnya terdapat satu orang sebagai penengah. Berdasarkan teknik ini, setiap butir soal didiskusikan secara bersama-sama dengan beberapa ahli.

Sedangkan teknik panel adalah teknik menelaah butir soal berdasarkan kaidah penulisan butir soal. Kaidah itu diantaranya adalah materi, kontruksi, bahasa atau budaya, kebenaran kunci jawaban. Caranya beberapa penelaah diberikan beberapa butir soal yang akan ditelaah, format penelaahan, dan pedoman penelaahan.
Dalam menganalisis butir soal secara kualitatif penggunaan format penelaahan soal akan membantu dan mempermudah prosedur pelaksanaannya. Format penelaahan soal digunakan sebagai dasar untuk menganalisis setiap butir soal.

Analisis Butir Soal Secara Kuantitatif

Penelaahan soal secara kuantitatif adalah penelaahan butir soal didasarkan pada bukti empirik. Salah satu tujuan utama pengujian butir-butir soal secara emperik adalah untuk mengetahui sejauh mana masing-masing butir soal membedakan antara mereka yang tinggi kemampuannya dalam hal yang didefinisikan oleh kriteria dari mereka yang rendah kemampuannya.

Data empirik ini diperoleh dari soal yang telah diujikan. Ada dua pendekatan dalam analisis secara kuantitatif yaitu pendekatan secara klasik dan modern.

Analisis butir soal secara klasik adalah proses penelaahan butir soal melalui informasi dari jawaban peserta tes guna meningkatkan mutu butir soal yang bersangkutan dengan menggunakan teori tes klasik. Pada teori tes klasik, analisis item tes dilakukan dengan memperhitungkan kedudukan item dalam suatu kelas atau kelompok. Karakteristik atau kualitas item sangat tergantung pada kelompok dimana diujicobakan sehingga kualitas item terikat pada sampel responden atau peserta tes yang memberikan respons (sample bounded).

Ada beberapa kelebihan analisis butir soal secara klasik adalah murah, sederhana, familiar, dapat dilaksanakan sehari-hari dengan cepat menggunakan komputer dan dapat menggunakan beberapa data dari peserta tes.
Analisis butir soal secara modern adalah penelaahan butir soal dengan menggunakan teori respon butir atau item response theory. Teori ini merupakan suatu teori yang menggunakan fungsi matematika untuk menghubungkan antara peluang menjawab benar suatu butir dengan kemampuan siswa.

Teori ini muncul karena adanya beberapa keterbatasan pada analisis secara klasik, yaitu:

  • Tingkat kemampuan dalam teori klasik adalah true score. Artinya, jika suatu tes sulit maka tingkat kemampuan peserta tes akan rendah.sebaiknya, jika suatu tes mudah maka tingkat kemampuan peserta tes tinggi.
  • Tingkat kesukaran butir soal didefinisikan sebagai proporsi peserta tes yang menjawab benar. Mudah atau sulitnya butir soal tergantung pada kemampuan peserta tes.
  • Daya pembeda, reliabilitas, dan validitas tes tergantung pada kondisi peserta tes.

 

Tujuan Kegiatan Analisis Butir Soal

Beberapa tujuan dari kegiatan analisis butir soal adalah sebagai berikut.

  1. Mengkaji dan menelaah setiap butir soal agar diperoleh soal yang bermutu,
  2. Meningkatkan kualitas butir tes melalui revisi atau membuang soal yang tidak efektif (tidak valid),
  3. Mengetahui informasi diagnostik pada peserta didik tentang pemahaman materi yang diajarkan.

Manfaat Kegiatan Analisis Butir Soal

Analisis butir soal memiliki banyak manfaat, antara lain sebagai berikut.

  1. Membantu pengguna tes dalam mengevaluasi kualitas tes yang digunakan,
  2. Sesuai untuk penyusunan tes informal, seperti tes yang disiapkan guru untuk peserta didik.
  3. Mendukung penulisan soal yang efektif dan berkualitas.
  4. Meningkatkan validitas dan reliabilitas soal sehingga tercipta soal yang berkualitas.

Melalui kegiatan analisis butir soal, guru akan dapat menentukan soal-soal yang baik dan soal-soal yang cacat atau tidak berfungsi dengan baik. Selain itu, guru dapat merevisi soal-soal yang sudah tidak relevan dengan materi yang diajarkan dengan melihat banyaknya peserta didik yang tidak mampu menjawab butir soal tertentu.

Di dalam membantu Anda melakukan kegiatan analisis butis soal, berikut admin bagikan aplikasi analisis butir soal berbentuk Pilihan Ganda dan Uraian yang dapat dipilih sesuai kebutuhan.

 

Anda dapat men-download aplikasi analisis butir soal bentuk Pilihan Ganda dan Uraian berikut dengan klik tautan di bawah ini.

  1. Analisis Butir Soal 10 Uraian
  2. Analisis Butir Soal 10 Pilihan Ganda dan 5 Uraian
  3. Analisis Butir Soal 20 Pilihan Ganda
  4. Analisis Butir Soal 20 Pilihan Ganda  dan 5 Uraian
  5. Analisis Butir Soal 40 Pilihan Ganda dan 5 Uraian
  6. Analisis Butir Soal 50 Pilihan Ganda

Demikian Aplikasi Analisis Butir Soal Bentuk Pilihan Ganda dan Uraian. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply