IPS kelas VII | materi tentang konsep kelangkaan dan kebutuhan manusia.

Adanya ilmu ekonomi itu merupakan salah satu cara untuk mengatasi kelangkaan untuk memenuhi kebutuan manusia. Eh, ngomong-ngomong tentang kebutuhan manusia, kamu tahu nggak sih apa yang dimaksud dengan kebutuhan manusia itu?

Konsep kebutuhan manusia ialah keinginan dari manusia yang harus dipenuhi. Kalau kebutuhan ini nggak dipenuhi bisa mengganggu kehidupan manusia. Masalahnya, nggak semua kebutuhan manusia bisa dipenuhi.

Sekarang kita pelajari yuk macam-macam kebutuhan manusia. Kebutuhan manusia itu bisa dibedakan menjadi 3 macam. Pertama menurut intensitas atau tingkatannya, kedua menurut sifatnya, ketiga menurut waktu penggunaannya.

 

A. Kebutuhan menurut intensitas atau tingkatan

Menurut intensitas atau tingkatannya, kebutuhan manusia terbagi menjadi 3, yakni kebutuha primer, kebutuhan sekunder, dan kebutuhan tersier.

1. Kebutuhan primer

Pasti kamu sering mendengar kata-kata sandang, pangan, dan papan. Kalau zaman now ditambah dengan charger-an. Nah, kebutuhan primer itu merupakan kebutuhan yang paling penting untuk dipenuhi. Kalau tidak terpenuhi, maka akan mengancam hidup dari manusia.

Contoh kebutuhan primer yakni, makan, minum, pakaian, dan tempat tinggal.

2. Kebutuhan sekunder

Kalau primer sudah terpenuhi, maka kebutuhan manusia akan meningkat nih, Squad. Yups, kebutuhan sekunder itu merupakan kebutuhan yang kepentingannya berada di tengah-tengah. Kalau kebutuhan ini nggak terpenuhi, nggak bikin hidup manusia terancam kok.

Contoh kebutuhan sekunder yakni meja, kursi, handphone, dan koneksi internet.

3. Kebutuhan tersier

Kamu pernah lihat nggak mobil sport yang mewah banget? Harganya yang bisa milyaran rupiah itu lho, Squad. Nah, itu termasuk kebutuhan tersier. Kebutuhan ini sama sekali tidak mengancam kehidupan manusia, hanya mengancam gengsi saja. Yups. kebutuhan ini lebih mengedepankan gengsi.

Contoh kebutuhan tersier yakni, mobil mewah, kapal pesiar, motor sport yang mahal.

 

B. Kebutuhan menurut sifat dan waktu penggunaannya

Kebutuhan menurut sifatnya ini terbagi menjadi dua yakni kebutuhan jasmani dan kebutuhan rohaniKebutuhan jasmani ini merupakan kebutuhan yang diperlukan oleh fisik tubuh manusia seperti makan, minum, olahraga, dan obat jika kamu sakit. Kalau kebutuhan rohaniini diperlukan batin atau jiwa manusia, seperti ketenangan, keamanan, dan kesehatan mental.

Jika berdasarkan waktu penggunaannya maka terbagi menjadi dua, yakni sekarang dan yang akan datang. Kebutuhan yang harus dipenuhi sekarang ini artinya tidak dapat ditunda. Misalnya nih kamu lagi lapar, maka saat itu kamu harus makan. Beda dengan kebutuhan yang akan datang. Kebutuhan ini dapat ditunda atau ditangguhkan karena dibutuhkannya di masa yang akan datang, seperti menabung atau ikut jaminan kesehatan kalau kamu tiba-tiba sakit.

 

C. Kebutuhan menurut subjeknya

Kalau kebutuhan menurut subjeknya itu terbagi menjadi kebutuhan individual dan kebutuhan kelompok. Kebutuhan individual itu contohnya kalau kamu udah pakai pasta gigi buat gosok gigi nih, nah pasta gigi tadi nggak bisa dikembalikan dalam isi yang full lagi kan? Sama kayak kamu beli air mineral dalam botol. Sudah kamu minum satu kali tegukan, nggak bisa full lagi kan isinya? Seperti itulah kebutuhan individual yang mana jika sudah digunakan, maka tidak dapat digunakan kembali lagi.

Nah, kalau kebutuhan kelompok itu kebutuhan yang ada kaitannya dengan orang banyak. Artinya, kebutuhan itu bisa digunakan bersama-sama. Contohnya ya seperti jembatan dan jalan raya.

Leave a Reply