Materi Macam-macam Potensi Sumber Daya Alam

Posted on

Materi Macam-macam Potensi Sumber Daya Alam | IPS Kelas VII

Dalam kehidupan sehari-hari, kita tidak bisa lepas dari sumber daya alam yang mampu memenuhi kebutuhan. Misalnya saja, tidak mungkin ada manusia yang dapat bertahan tanpa mengkonsumsi makanan dan meminum air, ‘kan? Nah, hal-hal tersebut merupakan salah satu contoh dari sangat diperlukannya keberadaan potensi sumber daya alam pada hidup kita.  Simak artikel berikut untuk membahas lebih lanjut mengenai topik ini.

Sumber Daya Alam

Sumber daya alam adalah kekayaan alam yang terdapat di bumi dan dapat dimanfaatkan oleh manusia.

Tahukah kamu bahwa jenis-jenis sumber daya alam dapat dibedakan berdasarkan pembentukan, materi dan lokasinya? Yuk, kita cari tahu!

Berdasarkan pembentukannya, sumber daya alam dapat dibagi menjadi dua:

1) Sumber daya yang dapat diperbaharui: sumber daya alam yang dapat diproduksi kembali.

2) Sumber daya yang tidak dapat diperbaharui: sumber daya alam yang jumlahnya terbatas dan bisa habis.

Berdasarkan materinya, sumber daya alam juga dapat dibagi menjadi 2, yaitu sumber daya alam biotik dan abiotik.

Berdasarkan lokasinya, sumber daya alam dibagi menjadi 2 yaitu: 1) sumber daya alam terestrial (darat), dan 2) akuatik (perairan).

 

Potensi Sumber Daya Alam dan Persebarannya

  • Hutan

Hutan adalah ekosistem daratan yang menyediakan oksigen, kayu dan tempat tinggal bagi beragam flora dan fauna. Hutan dapat dibedakan berdasarkan iklim, relief dan jenis tanahnya, menjadi hutan hujan tropis, hutan musim, hutan sabana, dan hutan bakau (mangrove).

  • Tanah

Tanah merupakan media yang menjadi tempat tumbuh bagi tumbuh-tumbuhan serta menjadi fondasi bagi segala kehidupan di daratan.

  • Air

Tahu kah kamu bahwa hampir 71% permukaan ditutupi oleh air? Selain itu, air juga merupakan sumber daya alam yang sangat penting dan istimewa bagi kehidupan di bumi. Air juga merupakan salah satu sumber kekuatan dan energi yang ada di bumi.

Berdasarkan sumbernya, air dapat dibedakan menjadi 3 jenis:

  • Tambang

Tahu kah kamu kalau pertambangan di Indonesia merupakan salah satu tambang terbesar di dunia?Keren ya! Salah satu barang yang dihasilkan dari tambang adalah emas.

Apa saja sih hal-hal yang dapat dihasilkan oleh tambang?

– Minyak bumi

Minyak bumi termasuk kategori sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui. Minyak bumi terbentuk dari hasil pengendapan mikroplanton yang terdapat di danau, rawa, teluk atau lautan dangkal. Daerah penghasil minyak bumi meliputi: Aceh, Riau, Sumatra Selatan, Cepu, Cilacap, Majalengka, Balikpapan, Maluku, Sorong dan Delta Mahakam (Kalimantan Timur).

– Gas alam

Gas alam merupakan barang tambang yang pembentukannya sama seperti minyak bumi, hanya saja bentuknya berupa gas. Gas alam dapat pula diubah menjadi bentuk cair, yang disebut sebagai Liquified Natural Gas (LNG). Daerah penghasil gas alam: Arun (Nangroe Aceh Darussalam), Bontang (Kalimantan Timur), Tangguh (Papua) dan Pulau Natuna.

– Batubara

Batubara adalah salah satu dari bahan bakar fosil yang termasuk dalam kategori tidak dapat diperbarui. Batubara terbentuk dari hasil tumbuh-tumbuhan yang membusuk dan mengendap selama jutaan tahun di dalam lapisan bumi. Daerah penghasil batubara: Sawahlunto (Sumatera Barat), Tanjung Enim (Sumatera Selatan), Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Samarinda (Kalimantan Timur), Pulau Sebuku (Kalimantan Selatan), Makassar, dan Papua.

– Perikanan

Perikanan di Indonesia dapat dibedakan menjadi perikanan tangkap dan perikanan budi daya. Perikanan tangkap adalah usaha penangkapan ikan di habitat aslinya seperti danau, sungai dan laut, sedangkan perikanan budi daya adalah usaha pembiakkan ikan pada suatu tempat tertentu yang kemudian dapat dipanen.

  • Hutan Bakau (Mangrove)

Hutan bakau (mangrove) adalah hutan yang berada di rawa payau atau wilayah pesisir. Wilayah pesisir adalah wilayah yang terpengaruh oleh pasang surut air laut. Selain itu hutan bakau juga mempunyai banyak seperti mencegah abrasi, tempat perlindungan hewan dan ikan, pariwisata dan penghasil kayu.

  • Terumbu Karang

Terumbu karang adalah kumpulan karang-karang yang menjadi tempat tinggal bagi banyak biota laut berukuran kecil. Karang disusun oleh suatu jenis hewan bernama polip yang hidup dengan menyerap kalsium karbonat dari air laut. Ternyata terumbu karang juga mempunyai banyak manfaat lho, seperti sebagai tempat hidup ikan, tempat pariwisata dan untuk penelitian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *