Interpretasi Laporan Hasil Observasi

Posted on

Arti kata interpretasi menurut kamus Besar Bahasa Indonesia adalah pemberian kesan, pendapat atau pandangan teoretis terhadap sesuatu. Pencapaian interpretasi yang optimal bergantung pada kecermatan dan ketajaman penafsir. Karena bahasa merupakan media tanpa batas, setiap pembaca akan memiliki interpretasi berbeda terhadap teks laporan hasil observasi.

Kegiatan interpretasi lebih memfokuskan dan memprioritaskan pada pengkajian bagian-bagian yang ada dalam sebuah teks laporan hasil observasi. Oleh karena itu, menginterpretasi atau menafsirkan teks laporan hasil observasi ini sangat diperlukan untuk mengungkapkan isi dalam sebuah teks laporan hasil observasi. Kegiatan menginterpretasi teks laporan hasil observasi dapat dilakukan dengan meringkas dan menyimpulkan teks laporan hasil observasi.

 

1.Ringkasan Teks Laporan Hasil Observasi

Ringkasan adalah pokok-pokok pikiran yang dirangkai menjadi satu dengan tetap memperhatikan urutan isi bagian demi bagian, dan sudut pandang pengarang tetap diperhatikan dan dipertahankan. Dalam menyusun ringkasan, pertama kali yang anda harus lakukan adalah memahami isi teks, lalu menemukan pokok-pokok informasi dalam teks tersebut.

Pokok-pokok isi teks dapat ditemukan pada kalimat utama. Kalimat Utama adalah kalimat yang mengandung pokok pikiran atau gagasan utama yang menjadi dasar pengembangan sebuah paragraph.

Contoh ringkasan :

Ringkasan teks laporan hasil observasi “Kehidupan Masyarakat Pesisir” sbb:

Masyarakat pesisir adalah sekumpulan masyarakat yang hidup bersama-sama mendiami wilayah pesisir, membentuk dan memiliki kebudayaan yang khas. Masyarakat dikawasan pesisir Indonesia sebagian besar berprofesi sebagai nelayan. Kondisi lingkungan pemukiman masyarakat pesisir, khususnya nelayan, masih belum tertata dengan baik dan terkesan kumuh.

 

2. Simpulan Teks laporan Hasi Observasi

Interpretasi terhadap teks laporan hasil observasi dapat dilakukan dengan menyimpulkan teks laporan hasil observasi. Simpulan adalah rumusan akhir tentang sesuatu, dalam hal ini adalah teks. Simpulan disusun bedasarkan pemahaman atau penalaran kita terhadap keseluruhan isi teks tersebut. Untuk memahami simpulan laporan hasil observasi, bacalah simpulan teks laporan hasil observasi “Vegetasi Pantai” berikut:

Baca Juga ; Pengertian,Ciri-Ciri,Dan Informasi Dalam Teks Laporan Hasil Observasi

Contoh Simpulan :

Simpulan teks laporan hasil observasi “Vegetasi Pantai” sebagai berikut.

Vegetasi pantai atau hutan pantai merupakan tutupan vegetasi yang tumbuh dan berkembang dipantai berpasir diatas garis pasang tertinggi wilayah tropis. Hutan pantai digunakan sebagai tempat Saltlick oleh berbagai spesies binatang, khususnya mamalia besar. Hutan pantai juga secara khusus menjadi habitat dan lokasi penelusuran penyu. Oleh karena itu, keberadaan hutan pantai perlu dilestarikan agar keseimbangan ekosistem, terutama dikawasan pantai dapat terjaga.

/Interpretasi Laporan Hasil Observasi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *