Pengertian Pertumbuhan Ekonomi dan Faktornya

Posted on

pa itu pertumbuhan ekonomi? Pengertian Pertumbuhan Ekonomi adalah sebuah kondisi dimana meningkatnya pendapatan karena terjadi peningkatan produksi barang dan jasa. Peningkatan pendapatan tersebut tidak dikaitkan dengan tingkat pertumbuhan jumlah penduduk, dan dapat kita lihat dari output yang meningkat, perkembangan teknologi, dan berbagai inovasi di bidang sosial.

Pertumbuhan Ekonomi juga dapat diartikan sebagai suatu proses perubahan perekonomian negara dalam jangka waktu tertentu untuk menuju kondisi ekonomiyang lebih baik. Pertumbuhan ekonomi identik dengan kenaikan kapasitas produksi yang diwujudkan melalui kenaikan pendapatan nasional.

Suatu negara yang mengalami pertumbuhan ekonomi diindikasikan dengan kehidupan masyarakatnya yang lebih baik. Lalu apakah suatu negara yang mengalami gejala perkembangan ekonomi berpengaruh terhadap perkembangan suatu bisnis? Tentu saja iya, karena perubahan dari perekonomian masyarakat akan mempengaruhi permintaan persediaan barang dan jasa suatu bisnis.

Baca Juga: Pengertian Pertumbuhan Ekonomi

 

Pengertian Pertumbuhan Ekonomi Menurut Para Ahli

Beberapa ahli di bidang ilmu ekonomi pernah memberikan penjelasan tentang perkembangan ekonomi, diantaranya adalah:

1. Adam Smith

Menurut Adam Smith, pertumbuhan ekonomi adalah perubahan tingkat ekonomi pada suatu negara yang bertumpu pada adanya pertambahan penduduk. Dengan adanya pertambahan penduduk maka output atau hasil dari suatu negara akan ikut bertambah.

2. Sadono Sukimo (1985)

Menurut Sadono Sukimo, pengertian pertumbuhan ekonomi adalah perubahan tingkat kegiatan ekonomi yang berlaku dari tahun ke tahun. Untuk mengetahui pertumbuhannya, maka harus dilakukan perbandingan pendapatan nasional negara dari tahun ke tahun, yang kita kenal dengan laju pertumbuhan ekonomi.

3. Budiono (1994)

Menurut Budiono, pengertian pertumbuhan eknomoi adalah sebuah proses pertumbuhan output perkapita jangka panjang yang terjadi apabila ada peningkatan output yang bersumber dari proses intern perekonomian itu sendiri dan sifatnya sementara.

Artinya, pertumbuhan tersebut sifatnya self generating yang menghasilkan suatu kekuatan atau momentum untuk kelangsungan pertumbuhan ekonomi di periode berikutnya.

4. M. P. Todaro

Menurut Budiono, pengertian pertumbuhan ekonomi adalah sebuah proses yang mantap dimana kapasitas produksi suatu perekonomian mengalami peningkatan sepanjang waktu dan menghasilkan peningkatan pendapatan nasional.

5. Prof. Simon Kuznets

Menurut Prof. Simon Smith Kuznets, pengertian pertumbuhan ekonomi adalah kenaikan jangka panjang dalam kemampuan sebuah negara untuk menyediakan berbagai jenis barang ekonomi kepada masyarakatnya. Kemampuan tersebut tumbuh seturut dengan perkembangan teknologi, ideologi, dan penyesuaian kelembagaan negara tersebut.

6. Menurut Para Ekonom Klasik

Beberapa ekonom klasik (Adam Smith, David Ricarado, Thomas Robert Malthus, dan John Stuart Mill) dan juga ekonom neoklasik (Robert Sollow, Trevor Swan), setidaknya ada empat faktor yang mempengaruhi eknomi sebuah negara, diantaranya:

  • Jumlah penduduk
  • Jumlah stok barang modal
  • Luas tanah dan kekayaan alamnya
  • Kemajuan teknologi

Baca Juga : Pengertian Akuntansi, Fungsi dan Bidangnya

 

Faktor-Faktor Pertumbuhan Ekonomi

Sumber Daya Alam (SDA)

Sumber Daya Alam menjadi salah satu penentu majunya tingkat perekonomian dalam suatu negara. Nah, Indonesia sendiri merupakan salah satu negara yang memiliki Sumber Daya Alam  sangat melimpah. Akan tetapi, Indonesia masih banyak melakukan ekspor barang mentah kemudian mengimportnya kembali pada saat barang sudah jadi.

Harga dari barang yang dijual itupun juga lebih mahal. Hal tersebut dikarenakan Sumber Daya Manusia yang dimiliki oleh Indonesia belumlah maksimal. Jadi, meski Sumber Daya Alam menjadi salah satu faktor pertumbuhan ekonomi, namun hal tersebut tidak cukup jika beberapa faktor lainnya tidak turut ditingkatkan.

Sumber Daya Manusia (SDM)

Sumber Daya Manusia sangat berpengaruh pada pertumbuhan ekonomi yang ada dalam suatu negara. SDM dapat berguna untuk mempercepat laju pertumbuhan ekonomi atau bahkan memperlambat. Semakin terampil keahlian dari seseorang, maka hal ini akan sangat bermanfaat pada Sumber Daya Manusia yang lebih berkualitas. Sehingga, dapat meningkatkan laju dari pertumbuhan ekonomi itu sendiri.

Tingkat Inflasi

Ternyata, tingkat inflasi juga mempengaruhi  pertumbuhan ekonomi. Nah, yang dimaksud dengan inflasi itu sendiri adalah laju peredaran rupiah yang tidak terkendalikan. Meningkatnya beberapa harga sangat berpengaruh terhadap produktivitas dari bahan baku.

Hal ini dapat menyebabkan peningkatan dari biaya operasi perusahaan untuk urusan pemasokan bahan baku itu sendiri. Bahkan, adanya inflasi juga dapat mempengaruhi gaji dari pegawai suatu perusahaan.

Kemajuan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi

Tentu saja, kemajuan IPTEK sangat berpengaruh pada  pertumbuhan ekonomi. Anda bisa melihatnya di beberapa negara maju. Beberapa negara maju yang ada di dunia memiliki laju pertumbuhan ekonomi yang cukup pesat. Terutama pada beberapa perusahaan yang sudah memanfaatkan teknologi canggih untuk bisa menghasilkan suatu produk menjadi lebih cepat dan efisien.

Pemanfaatan teknologi masa kini ini sendiri akan membantu perusahaan untuk meminimalisir penggunaan tenaga kerja sehingga anggaran yang dikeluarkan untuk para pegawai dapat dipangkas serta bisa difungsikan untuk keperluan lainnya. Namun terkadang, penggunaan teknologi canggih ini masih cukup menghambat perusahaan yang sedang berkembang.

Hal ini karena kebanyakan mesin tersebut memiliki harga yang relatif lebih mahal serta harus ada beberapa mesin yang diimpor langsung dari luar negeri.

Tingkat Suku Bunga yang Dimiliki

Semakin tinggi suku bunga yang dimiliki oleh suatu negara hal tersebut berpengaruh buruk terhadap bisnis ataupun perusahaan yang menggunakan modal pinjaman untuk bisa meningkatkan kualitas dari perusahaan. Tentu saja, sangat penting untuk menjaga tingkat suku bunga itu sendiri agar tetap stabil.

Di atas merupakan berbagai macam penjelasan mengenai pengertian, ciri-ciri dan faktor dari  pertumbuhan ekonomi yang sebaiknya Anda pahami. Memahami tentang pertumbuhan dari ekonomi itu sendiri tentu saja sangatlah penting, terutama bagi Anda yang ingin tahu pertumbuhan ekonomi negara sendiri.

 

Pengertian Pertumbuhan Ekonomi adalah sebuah kondisi dimana meningkatnya pendapatan karena terjadi peningkatan produksi barang dan jasa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *