Pengertian Pendapatan Nasional

Posted on

Apa yang dimaksud dengan pendapatan nasional? Berikut ini kami akan mengulas lengkap seputar pendapatan nasional. Mulai dari Pengertian pendapatan nasional, metode perhitungan pendapatan nasional, konsep pendapatan nasional, komponen pendapatan nasional, faktor yang mempengaruhi pendapatan nasional, manfaat perhitungan pendapatan nasional, dll.

Pengertian Pendapatan Nasional adalah seluruh pendapatan yang diterima oleh setiap anggota masyarakat di suatu negara dalam periode tertentu, umumnya dihitung dalam satu tahun.

Pengertian pendapatan nasional dapat juga didefinisikan sebagai jumlah total hasil produksi nasional yang dihasilkan oleh semua anggota masyarakat di suatu negara dalam periode tertentu, umumnya dalam satu tahun.

Dari penjelasan tersebut, ada tiga poin yang harus kita perhatikan, yaitu:

  • Nilai total hasil produksi akhir (barang dan jasa), artinya nilai yang dihitung adalah nilai akhir barang dan jasa.
  • Suatu perekonomian, ini menjelaskan batasan penduduk dari suatu negara.
  • Adanya periode, ini menjelaskan batasan perhitungan setiap periode (umumnya dalam satu tahun).

Baca Juga : Soal Konsep Dan Metode Penghitungan Pendapatan Nasional

FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENDAPATAN NASIONAL

Besar kecilnya pendapatan nasional dipengaruhi oleh beberapa faktor yaitu:

1. PERMINTAAN DAN PENAWARAN AGREGAT

Dimana agregat menunjukkan hubungan antara seluruh jumlah permintaan terhadap barang maupun jasa sesuai dengan tingkat harga. Permintaan agregat sendiri merupakan suatu daftar dari seluruh barang dan jasa yang akan dibeli oleh sektor ekonomi pada berbagai tingkat harga.

Sementara itu penawaran agregat merupakan hubungan antara seluruh penawaran barang dan jasa yang ditawarkan oleh perusahaan-perusahaan dengan tingkat harga tertentu.

2. INVESTASI

Dimana pengeluaran untuk investasi oleh perusahaan atau yang lainnya merupakan salah satu komponen penting dari pengeluaran agregat. Pelaku faktor produksi yang mampu berinvestasi banyak menunjukkan bahwa mereka mengalami kemajuan atau peningkatan pendapatan. Hal itu kemudian juga mempengaruhi pendapatan nasional suatu negara.

2. KONSUMSI DAN TABUNGAN

Dimana konsumsi merupakan pengeluaran secara keseluruhan untuk memperoleh barang dan jasa dalam aktifitas perekonomian dalam jangka waktu tertentu. Sedangkan, tabungan merupakan bagian dari pendapatan yang tidak dikeluarkan untuk berbagai konsumsi.

Bisa dikatakan bahwa semakin banyak tabungan artinya pendapatan nasional menjadi lebih banyak atau meningkat. Begitu pula dengan tingkat konsumsi yang meningkat menunjukkan bahwa pendapatan suatu masyarakat maupun negara juga baik dan meningkat.

 

#Pengertian Pendapatan Nasional

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *