Pengertian Menulis Serta Tujuannya

Posted on

Pengertian Menulis Serta Tujuannya. Menulis merupakan kegiatan yang sifatnya berkelanjutan sehingga pembelajarannya pun perlu dilakukan secara berkesinambungan sejak sekolah dasar. Kemampuan menulis tidak dapat diperoleh secara alamiah, tetapi melalui proses belajar mengajar. Menulis merupakan kegiatan yang kompleks karena melibatkan unsur kebahasaan dan unsur di luar bahasa yang akan menjadi isi tulisan. Berikut adalah penjelasan seputar pengertian menulis dan tujuan dari menulis.

Definisi Menulis

Menurut (KBBI,2005:1219). Menulis adalah melahirkan pikiran atau perasaan (seperti mengarang, membuat surat) dengan tulisan.
Menurut (Suparno,2008:1.3). Menulis adalah sebagai kegiatan penyampaian pesan (komunikasi) dengan menggunakan bahasa tulis sebagai alat atau medianya.
Menurut Johnson (dalam Sigit, 2013: 1-2) menyatakan bahwa “writing is having ideas, organizing ideas, and communicating ideas” (menulis adalah menemukan ide, mengorganisasi ide dan mengkomunikasikan ide).
Menurut Burhan Nurgiyantoro (2001: 273), menulis adalah aktivitas mengungkapkan gagasan melalui media bahasa. Menulis merupakan kegiatanproduktif dan ekspresif sehingga penulis harus memiliki kemampuan dalam menggunakan kosakata, tata tulis,dan struktur bahasa.
Menurut (Sigit, 2013: 2). Menulis juga diartikan sebagai sebuah kegiatan menemukan ide, mengorganisasikan juga mengkomunikasikan ide tersebut sehingga dapat dinikmati oleh oraang lain. Komunikasi ide itu tentu saja bukan secara lisan, tetapi dengan rangkaian kata- kata sehingga membentuk sebuah tulisan
Menurut (Tarigan dalam Yulinar 2009:8). Menulis adalah menurunkan atau melukiskan lambang-lambang grafik yang menggambarkan suatu bahasa yang dapat dipahami oleh seseorang sehingga orang lain dapat membaca lambang-lambang grafik tersebut kalau mereka memahami bahasa dan gambar grafik itu
Menurut (Akhadiah dalam Yulinar 2009:8). Menulis merupakan bentuk komunikasi untuk menyampaikan gagasan penulis kepada khalayak pembaca yang dibatasi oleh jarak, tempat, dan waktu
Menurut (Depdiknas, 2003:6). Menulis adalah menuangkan gagasan, pikiran, perasaan,dan pengalaman melalui bahasa tulis
Menurut Suparno dan Yunus (2003:13) aktivitas menulis melibatkan beberapa unsur,yaitu penulis sebagai penyampaian pesan, isi tulisan, saluran atau media, dan pembaca. Menulis merupakan suatu kegiatan penyampaian pesan (komunikasi) dengan menggunakan bahasa tulis sebagai alat atau medianya.
Menurut Widyamartaya (1991:9) mengemukakan pengertian menulis sebagai proses kegiatan pikiran manusia yang hendak mengungkapkan kandungan jiwanya kepada orang lain atau kepada diri sendiri dalam bentuk tulisan.

Tujuan Menulis

  1. Menjadikan pembaca ikut berpikir dan bernalar.
  2. Membuat pembaca tahu tentang hal yang diberitakan.
  3. Menjadikan pembaca beropini.
  4. Menjadikan pembaca mengerti.
  5. Membuat pembacaterpersuasi oleh isi karangan.
  6. Membuat pembaca senang dengan menghayati nilai-nilai yang dikemukakan seperti nilai kebenaran, nilai agama, nilai pendidikan, nilai sosial, nilai moral, nilai kemanusiaan dan nilai estetika.
/Pengertian Menulis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *