Pengertian Besaran Turunan, Contoh + Rumus

Posted on

Pengertian Besaran Turunan Beserta Contohnya. Sebagai contoh volume = panjang × lebar × tinggi.  Panjang merupakan besaran pokok, satuannya meter;  lebar merupakan besaran pokok panjang dengan satuan meter; dan  tinggi juga merupakan besaran pokok panjang dengan satuan meter. Jadi, satuan volume m 3 (meter kubik) diturunkan dari satuan besaran panjang, yaitu m × m × m.

Definisi Besaran Turunan

Besaran turunan adalah besaran yang satuannya diturunkan dari besaran pokok atau besaran yang didapat dari penggabungan besaran-besaran pokok. Contoh besaran turunan adalah Berat, Luas, Volume, Kecepatan, Percepatan,Massa Jenis, Berat jenis, Gaya, Usaha, Daya, Tekanan, Energi Kinetik, Energi Potensial, Momentum, Impuls, Momen inersia, dll.

Tabel besaran turunan :

No

Besaran

lambang

satuan

Lambang satuan

1

Luas

A

Meter persegi

m2

2

Volume

V

Meter Kubik

m3

3

Kecepatan

v

Meter Persekon

m/s

4

Percepatan

a

Meter persekon kuadrat

m/s2

5

Gaya

F

Newton

N=kg.m/s2

6

Usaha

W

Joule

J=kg.m2/s2

7

Daya

P

Watt

W=kg.m3/s2

Keterangan Gambar

  1. Kelajuan merupakan besaran turunan. Besaran kelajuan (v) diturunkan dari besaran pokok panjang dan waktu, yaitu jarak (s) dibagi waktu (t).
  2. Massa Jenis. Massa jenis (P) diturunkan dari besaran massa (m) dibagi volume (V). Volume sendiri diturunkan dari besaran panjang. Dengan demikian, massa jenis ()
  3. Gaya. Gaya (F) diturunkan dari besaran massa (m) dikalikan percepatan (a). Percepatan diturunkan dari besaran kecepatan (v) dan waktu (t), sedangkan besaran kecepatan diturunkan dari besaran panjang (l) dan waktu (t).
  4. Muatan Listrik. Muatan listrik (Q) diturunkan dari besaran kuat arus listrik (I) dikalikan waktu (t).
  5. Molaritas Zat. Molaritas zat (M) diturunkan dari besaran banyak mol zat (N) dibagi volume (V), besaran volume diturunkan dari besaran panjang.

Baca Juga : Pengertian Besaran Pokok

 

Rumus Besaran Turunan

  1. Luas

Luas L  = ( p ) panjang  x ( l ) lebar

                = ( m2 )

Rumus luas iyalah L = panjang x lebar . Yang mana p termasuk ke dalam  besaran panjang dengan satuan nya yaitu meter dan l juga termasuk ke dalam besaran panjang ( m ).

2. Volume

Volume V  = ( p ) panjang  x ( l ) lebar x ( t ) tinggi

   = ( m3 )

Rumus volume iyalah V = p . l . t. Dan ketiga nya sama – sama memiliki satuan yang sama yaitu meter ( m ). Sehingga hasil perkalian nya menghasilkan sebuah satuan besaran volume yaitu meter kubik ( m3 ).

  1. Percepatan

Percepatan ( a ) = ( v )  kecepatan : ( t ) waktu

                                        = m ( s2 )

Percepatan atau perlajuan dengan satuan SI nya adalah ( a ) iyalah sebuh besaran hasil turunan dari besaran kecepatan ( m/s ) dibagi waktu ( s ). Sehingga rumus yang di hasilkan nya iyalah a = v : t.

  1. Massa Jenis

Massa jenis ( ρ ) = massa ( m ) : volume ( v )

                                  = kg ( m3 )

Masa jenis iyalah sebuah besaran hasil turunan dari besaran massa ( kg ) dan dibagi besaran volume ( m3 ).  Jadi rumus fisika yang dihasilkan dari iyalah seperti ini ρ = m / v. Dan satuan nya iyalah kilogram per meter kubik ( kg/m3 ).

  1. Gaya

Gaya ( F ) = massa ( m ) x percepatan ( a )

                    = newton ( N )

Gaya ( F ) iyalah sebuah besaran turunan dari hasil perkalian antara masa ( m ) dengan percepatan ( a ). Dengan percepatan ( a ) iyalah hasil dari turunan besaran dengan  kecepatan ( v ) dan besaran waktu ( t ) dan dengan satuan akhir yaitu ( m/s2 ).

Jadi rumus yang di hasilkan iyalah F = m x a.

Sehingga satuan dari gaya iyalah kilogram meter persekon kuadrat ( kg m/s2 ) dan akhir nya di sebut dengan satuan N ( Newton ).

# Pengertian Besaran Turunan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *