Pengerian, Pembelajaraan Gerak Spesifik Bola Voly

Posted on

Gerak Spesifik Permainan Bola Voli

Salam sahabat pendidikan sekalian dimanapun berada, pada permainan bola besar terdapat beberapa aktifitas permainan yang memiliki jenis berbeda, semua menggunakan bola besar namun teknik, cra memainkan atau aturan permainannya jauh sangat jauh berbeda, berikut ini kita akan membahas mengenai permainan bola besar yang menjadi kelanjutan dari artikel sebelumnya yang membahas mengenai aktifitas sepak bola. Untuk lebih jelasnya mari kita simak bersama penjelasan dibawah ini.

A. Sejarah Singkat Bola Voli

Permianan bola voli pada tahun 1895 ditemukan oleh William G Morgan di negara amerika bagian timur atau tepatnya di daerah Holyoke. William G Morgan merupakan  seorang pembina pendidikan jasmani pada YMCA ( Young Men’s Christain Assosiation. Permainan bola voli di Amerika memiliki kepopuleran yang sangat besar hingga perkembangannya juga sangat cepat, sehingga dengan kepopulerannya tersebut, akhirnya pada tahun 1933, YMCA mengadakan kejuaran bola voli tingkat nasional.
Dengan hal tersebut, akhirnya permainan bola voli ini mendunia. Untuk pertama kalinya permainan ini diperlombakan di kota Polandia di tahun 1974 dengan peserta yang cukup lumayan banyak dan pada tahun 1984 didirikan Federasi Bola Voli Internasional atau disebut juga dengan International Volley Ball Federation (IVBF) yang pada waktu itu beranggotakan sekitar 15 negara.
Penyebab perkembangna bola voli ini sangat cepat disebabkan oleh beberapa faktor yaitu :
  • Permainan bola voli tidak memerlukan lapangan yang sangat luas.
  • Sangat mudah dimainkan.
  • Peralatan yang digunakan cukup sederhana.
  • Memiliki kesenangan tersendiri saat dimainkan
  • Kemungkinan terjadinya cedera pada pemain sangat kecil.
  • Dapat dimainkan di alam bebas dan didalam ruangan yang tertutup, dan
  • Dapat dimainkan dengan banyak orang.
Pada masa sekarang, atau dimasa modern seperti sekarang ini, teknik permainan didalam permainan ini sudah jauh lebih baik yakni suatu proses yang melahirkan keaktifan jasmani dan pembuktian suatu praktik dengan sebaik mungkin untuk menyelesaikan tugas yang pasti didalam melakukan gerakan yang khususnya pada permainan bola voli ini.
Teknik dapat dikatakan baik apa bila dari segi anatomi fisiologis mekanik dan mental terpenuhi dengan benar dan baik persyaratannya. Apabila diterapkan pencapaian kompetisi yang maksimal untuk menganalisa teknik gerakan umumnya para guru akan dapat memperbaiki atau mengoreksinya.
Kegunaan teknik didalam memainakan permainan bola voli adalah :
  • Efisien dan efektif untuk mencapai kompetensi maksimal.
  • Untuk mencegah dan mengurangi kemungkinan terjadinya cedera pada pemain.
  • Untuk mempermudah pengembangan gerakan peserta didik.
  • Peserta didik akan merasa lebih mampu atau yakin dengan kemampuan gerakan yang mereka lakukan.

B. Teknik  Dasar Pada Permainan Bola Voli.

Dalam permainan bola besar melalui permainan bola voli ini terdapat beberapa gerak spesifik yang terdiri dari :

  • Gerak spesifik passing atas (mengumpan)
  • Gerak spesifik passing bawah (mengumpan)
  • Gerak Spesifik tenis servis (servis atas), dan
  • Variasi gerak spesifik

 

1. Gerak Spesifik Passing Atas Pada Permainan Bola Voli. 

  • Tahapan persiapan pada permainan ini yaitu berdiri dengan kedua kaki dibuka selebar bahu, kedua kaki ditekuk atau direndahkan sehingga berat badan bertumpu pada ujung kaki bagian depan, posisi lengan didepan badan dengan kedua telapak tangan dan jari tangan merenggang sehingga membentuk seperti mangkuk diatas wajah.
  • Gerakan selanjudnya, dorong kedua lengan ke arah datangnya bola bersamaan dengan kedua lutut dan pinggul didorong ke atas serta tumit di angkat. Usahakan arah datangnya bola tepat berada ditengah-tengah atas wajah. Perkenaan bola yang baik adalah tepat mengenai ujung jari-jari dari tangan.
  • Gerakan akhir dari teknik ini adalah dengan tumit terangkat dari lantai, pinggul dan lutut terdorong ke atas serta kedua lengan lurus saat mendorong bola, pandangan mata mengikuti arah gerakan bola. Gerakan ini disebut dengan gerak dasar (fundamental) dari gerak mendorong bola.

2. Gerak Spesifik Passing Bawah Pada Permainan Bola Voli.

  • Tahap persiapan pada gerakan ini yaitu berdiri dengan kedua kaki renggangkan selebar bahu dan kedua lutut ditekuk kebawah hingga berat badan bertumpu pada kedua ujung kaki bagian depan. Rapatkan dan luruskan kedua lengan di depan badan hingga kedua ibu jari berada pada posisi sejajar, dan pandangan mata berada pada arah datangnya bola.
  • Gerakan selanjudnya yaitu dorong kedua lengan ke arah datangnya bola bersamaan dengan kedua lutut dan pinggul didorong keatas serta tumit terangkat dari lantai. Usahakan arah datangnya bola di letakkan tepat pada tengah-tengah badan, perkenaan bola tepat pada pergeralangan tangan.
  • Akhir dari teknik gerakan ini yaitu tumit terangkat dari lantai, pinggul dan lutut didorong ke atas serta kedua lengan tangan lurus ke depan, pandangan mengikuti arah gerakan bola. Gerakan ini merupakan  gerakan teknik dasar fundamental dari gerakan mendorong.

3. Gerak Spesifik Servis Atas Permainan Bola Voli

  • Tahapan persiapan teknik ini yaitu berdiri dengan kedua kaki dalam posisi melangkah, berat badan bertumpu pada kedau kaki dan sikap badan agak condong ke depan dan pegang bola didepan badan.
  • Gerakan selanjudnya yaitu lambungkan atau lemparkan bola ke atas sedikit agak kebelakang atau lurus di keatas kepala menggunakan tangan kiri dan tangan kanan untuk yang memilki kebiasaan tangan terkuat tangan kiri, lentingkan tangan kebelakang bersamaan dengan gerakan badan ke depan, Tangan dipukul menggunakan tangan terkuat (kanan atau kiri) yang dibantu dengan mengaktifkan pergeralangan tangan.
  • Akhir dari teknik gerakan ini yaitu di ikuti dengan gerakan badan ke depan denan melangkahkan kaki ke belakang lalu kedepan. Gerakan ini merupakan gerak dasar fundamental dari gerakan memukul atau menservis bola.

4. Variasi Gerak Spesifik Permainan Bola Voli.

Variasai dalam permainan bola voli adalah melakukan suatu bentuk gerak spesifik dengan berbagia cara, seperti melakukan gerak spesifik passing atas bola voli di tempat, sambil bergerak maju dan mundur serta bergerak menyamping, baik secara perorangan, berpasangan ataupun berkelompok.
Akhir dari kegiatan,
variasi gerak spesifik adalah untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan penanaman nilai disiplin, menghargai perbedaan, tanggung jawab, dan kerja sama dalam bermain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *