Memaknai Kata / Istilah (Materi dan Soal Bahasa Indonesia)

Posted on

Pengertian Kata / Makna Kata

Kata dalam KBBI diartikan sebagai satuan terkecil dari bahasa yang dapat berdiri sendiri. Kata merupakan perwujudan perasaan dan pikiran yang dituangkan melalui bahasa. Sebagai perwujudan perasaan dan pikiran, maka kata memiliki suatu makna atau pengertian tertentu. Makna dari suatu kata biasanya lebih dari satu. Banyaknya jenis jenis pergeseran makna membuat suatu kata dapat memiliki makna yang berbeda jika konteks kalimatnya berubah.

Suatu kata dalam Bahasa Indonesia dapat memiliki banyak makna jika diterapkan dalam konteks kalimat yang berbeda. Ada juga kata yang memiliki makna khas dalam bidang tertentu. Kemudian ada pula kata-kata yang jika digabungkan memiliki makna yang kabur. Dalam artikel kali ini kita akan membahas lebih lanjut tentang makna kata, makna istilah dan ungkapan yang memiliki hubungan erat dengan pengertian diatas.

Paragraf disusun menggunakan kalimat-kalimat yang saling berkaitan. Kalimat dalam setiap paragraf disusun dari beberapa kata. Setiap kata tersebut memiliki makna atau arti. Oleh karena itu, dalam membentuk kalimat atau paragraf sebuah kata harus benar-benar dipilih agar mampu menyampaikan maksud penulis.

Kesalahan penggunaan kata-kata atai istilah akan menimbulkan penafsiran berbeda. Kata-kata atau istilah yang digunakan dapat berupa kata baku, kata bersinonim, kata berantonim, kata yang bermakna konotasi dan denotasi, dan kata yang mengalami perubahan makna. Istilah berhubungan dengan pengungkapan makna konsep, proses, serta keadaan, atau sifat di bidang tertentu.

Makna kata atau istilah yang sering muncul dalam soal UN adalah makna kata leksikal. Makna kata leksikal merupakan makna yang terdapat pada kata dasarnya tanpa bergabung dengan bentuk lain. Makna leksikal dapat dilihat dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia.

Soal Tentang Memaknai Kata / Istilah

Contoh Soal:

1. Dalam laporan kajian organisasi hidup,  World Resource Institute, emisi karbon akibat kebakaran hutan dan lahan di Indonesia telah melampaui rata-rata emisi karbon harian AS selama 26 hari dari 44 hari sejak awal September 2015. Sementara itu, organisasi Center for International Forestry Research (CIFOR) berpendapat bahwa kabut asap yang terjadi di Indonesia merupakan tragedi, bukan bencana alam. Kabut asap bukan bencana alam, melainkan karena kesalahan manusia dan tidak terjadi secara alamiah. (republika.co.id)

Makna kata tragedi dalam paragraf tersebut adalah….
A. peristiwa memilukan
B. peristiwa menyedihkan
C. peristiwa mengejutkan
D. keadaan genting
E. perubahan drastis

JAWABAN: B
Menurut KBBI, kata tragedi memiliki arti sandiwara sedih (pelaku utamanya menderita kesengsaraan lahir dan batin yg luar biasa atau sampai meninggal); 2 ki peristiwa yg menyedihkan. Jadi, jawaban yang tepat adalah B.

2. Seiring pertumbuhan jumlah kendaraan, Indonesia kebanjiran produk onderdil (sparepart) dan oli palsu yang dilempar ke pasaran dari produsen dalam maupun luar negeri. Peredaran onderdil dan oli abal-abal tentu mengancam nyawa pengendara maupun penumpang

Makna kata onderdil pada bacaan di atas adalah….
A. mesin
B. suku cadang
C. perbengkelan
D. perkakas
E. produk

3. Menteri Keuangan RI Bambang Brodjonegoro yang hadir sebagai narasumber dalam seminar itu mengatakan, indikator keberhasilan pemerintahan di negara maju adalah realisasi target pemenuhan lapangan kerja. Menurut Bambang, dengan pemenuhan lapangan kerja maka secara otomatis tingkat kemiskinan menurun. Hal ini menjadi salah satu perhatian pemerintah saat ini.

Makna kata indikator pada bacaan di atas adalah….
A. sesuatu yang dapat menjadi motivasi
B. sesuatu yang dapat memberi penjelasan
C. sesuatu yang dapat memberi petunjuk
D. sesuatu yang dapat menjadi dukungan
E. sesuatu yang dapat memberi manfaat

4. Bank Indonesia akan menetapkan batas maksimum dan standardisasi biaya isi ulang uang elektronik. Aturan ini bertujuan melindungi konsumen dan mendorong peningkatan volume penggunaan uang elektronik. Selama ini pengenaan biaya isi ulang uang elektronik tidak memiliki standardisasi tertentu. Oleh karena itu, Bank Indonesia akan mengatur agar biaya isi ulang uang elektronik tidak melebihi batas maksimum yang ditetapkan.

Makna Kata Standardisasi pada paragraf tersebut adalah….
A. Penetapan
B. Persamaan
C. Pembakuan
D. Pengukuran
E. Penyeragaman

Jawaban : C
Makna Kata / istilah arti kata standarisasi dalam KBBI adalah Penyesuaian bentuk (ukuran, kualitas dan sebagainya) dengan pedoman (standar) yang ditetapkan; pembakuan. Jadi jawaban yang tepat adalah Jawaban C.

Jenis – Jenis Makna Kata

Abdul Chaer menggolongkan makna kata menjadi 13 jenis, yaitu:

  1. Makna Kata Leksikal : Leksikal adalah makna yang bersifat leksikon, yang sesuai dengan referennya, atau makna yang sungguh-sungguh nyata dalam kehidupan kita. Makna leksikal merupakan gambaran nyata tentang suatu konsep seperti yang dilambangkan kata tersebut.
  2. Makna  Kata Gramatikal : gramatikal adalah makna yang hadir sebagai akibat dari proses gramatika seperti afiksasi, reduplikasi, dan komposisi. Makna gramatikal bergantung pada konteks yang membawanya.
  3. Makna Kata Kontekstual : Makna kontekstual adalah makna dari sebuah kata yang penggunaanya tergantung konteks kalimat tertentu. Kata tersebut memungkinkan mempunyai arti yang lain jika digunakan pada kalimat yang lain pula
  4. Makna Kata Referensial : Makna referensi adalah makna yang berkaitan langsung dengan referensi atau acuan yang digunakan. Makna referensi ini mempunyai hubungan dengan arti yang telah disepakati secara bersama, misalnya berdasarkan pengertiannya menurut kamus.
  5. Makna Kata non-referensial:  non referensial yang berarti tidak memiliki referensi.
  6. Makna Kata Denotatif : denotatif adalah makna sebenarnya atau makna yang memang sesuai dengan pengertian yang dikandung oleh kata tersebut. Kata makan artinya  memasukkan sesuatu ke dalam mulut , dikunyah, dan ditelan. Arti kata makan tersebut adalah makna denotatif. Makna denotatif disebut juga makna umum.
  7. Makna Kata  Konotatif : konotatif  adalah bukan makna sebenarnya. Dengan kata lain, makna kias atau makna tambahan. Contoh kata putih bisa bermakna suci atau tulus tapi juga dapat bermakna menyerah atau polos.
  8. Makna Kata Konseptual: konseptual adalah makna yang makna yang sesuai dengan konsepnya, makna yang sesuai dengan referensnya, makna yang bebas dari hubungan asosiasi atau hubungan apapun.
  9. Makna Kata  Asosiatif : asosiatif adalah makna yang dimiliki sebuah kata dengan adanya hubungan kata itu dengan keadaan diluar bahasa.
  10. Makna Kata Kata :
  11. Makna Kata Istilah : Istilah khusus : suatu kata yang penggunaan serta maknanya terbatas hanya untuk bidang tertentu (misal : agregat, aritmatika, hama wereng dan lain lain). Istilah umum : suatu kata yang sudah menjadi unsur bahasa umum (misal : daya guna, ambil alih, kecerdasan dan lain lain).
  12. Makna Kata Idiom : Idiom adalah ungkapan bahasa berupa gabungan kata (frase) yang maknanya sudah menyatu dan tidak dapat ditafsirkan dengan makna unsur yang membentuknya.
  13. Makna Kata Peribahasa : Peribahasa atau pepatah adalah kelompok kata atau kalimat yang menyatakan maksud, keadaan seseorang ataupun hal yang mengungkapkan tentang, perbuatan, kelakuan atau hal tentang seseorang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *